Ternyata Dajjal Awalnya Tampak Beriman

Ada cerita menarik seputar Al Masikhu Dajjal penipu besar yang membawa manusia pada kesesatan. Pasti sebagian manusia mengira bahwa Dajjal pertama kali muncul dengan wujud yang menyeramkan seperti mata kiri yang buta serta terdapat daging yang tumbuh yang lebih tebal dari sudutnya, atau bahkan dahi yang bertuliskan huruf “ka fa ra”. Namun tidak demikian adanya. Taukah jika dajjal pada awalnya tampak beriman?. Ada beberapa riwayat yeng menceritakan tentang makhluk ini yaitu riwayat tentang proses kemunculannya.

Rosulullah bersabda sebagaimana yang diriwayatkan oleh Abu Umamah Al Bahili : “Di awal kemunculannya, ia berkata : ‘Aku adalah Nabi’. Padahal tidak ada nabi setelahku. Kemudian dia memuji dirinya sambil berkata : ‘Aku adalah Rabb kalian’. Padahal kalian tidak dapat melihat Rabb kalian sehingga kalian mati”.

Sulaiman bin Syihab meriwayatkan, suatu ketika Abdullah bin Maghnam datang kerumahnya sebagai sahabat Nabi SAW, Kemudia dia menceritakan tentang Nabi SAW bahwa beliau pernah bersabda : “Tidak ada lagi kesamaran (ketidakjelasan) tentang Dajjal. Sesungguhnya dia akan muncul dari arah timur. Kemudian dia menyeru atas namaku, sehingga dia diikuti banyak orang. Kemudian ia memerangi mereka dan dapat menguasai mereka, dan ia masih berbuat seperti itu hingga ia datang ke Kuffah. Lalu dia menampakkan agama Allah, dan mengamalkannya sehingga diikuti dan disenangi karena itu. Kemudian Dajjal setelah itu berkata : ‘Sesungguhnya, aku adalah Nabi.’ Dengan ucapan itu, maka takutlah (bingung) orang-oarang yang masih memiliki hati dan akal yang lurus lalu meninggalkan Dajjal. Dajjal masih terus hidup sehingga dia mengatakan : ‘Aku adalah Allah’, dengan itu matanya akhirnya tertutup, telinganya terpotong dan diantara kedua matanya tertulis kata kafir.”

Jika riwayat tersebut kelak menjadi kenyataan, maka kesimpulannya adalah bahwa awal kemunculan Dajjal tidak langsung berada pada kondisi cacat, matanya belum buta, dan di dahinya belum terdapat tulisan ka fa ra, sebab riwayat tersebut menyebutkan kondisi cacatnya Dajjal terjadi beberapa waktu setelah ia menyatakan ketuhanan dirinya di hadapan manusia.

Bukti lain yang menguatkan asmsi diatas adalah hadist Tamim Ad Dari yang menceritakan perjalanannya hingga berjumpa dengan Dajjal. Dalam riwayat yang sangat panjang tersebut Sahabat Tamim tidak menyebutkan kondisi fisik Dajjal yang cacat dan buta, bahkan dia mengatakan bahwa Dajjal adalah “. . . seorang laki-laki yang besar tubuhnya dan tegap, kedua tangannya dibelenggu ke kuduknya, antara kedua lututnya dan mata kakinya dirantai dengan besi. . . ” Dengan demikian besar kemungkinan kebutaan Dajjal dan munculnya tulisan ka fa ra di dahinya akan terjadi di akhir zaman nanti sebelum Dajjal bertemu dengan Al Mahdi dan pasukannya.

3 Comments

  1. sheikmaz said,

    May 19, 2008 at 3:16 pm

    benar. fizikal dajjal sempurna.ada dua jenis mata iaitu mata fizikal dan mat hati. dajjal buta satu mata (tiada mata hati). ia tidak dapat melihat kebenaran.

  2. lilmessenger said,

    May 20, 2008 at 8:56 am

    sungguh menakutkan, karena diceritakan bahwa daerah yang dilalui dajjal pasti seluruh penduduknya akan ingkar kepada Allah atau di bunuuh kecuali daerah Mekkah dan Madinah. menurut buku yang saya baca justru banyak orang berbondong-bondong meninggalkan kota itu menjelang kemunculan dajjal.

  3. February 8, 2010 at 11:36 am

    good,

    semoga dapat mempertebal IMAN kita semua…

    terima kasih..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: