Rahasia Dibalik Tidur

Aktifitas tidur tidak bisa lepas dari kehidupan manusia sehari-hari. Terkadang rasa kantuk sangat mengganggu aktifitas manusia. Akan tetapi pada hakikatnya Allah SWT hendak memberikan sebuah kenikmatan dengan memberikan kita rasa kantuk tersebut.

Mungkin kita sebagai manusia sudah terbiasa dengan aktifitas tidur karena sudah menjadi bagian rutinitas kita. Namun betapa kita sebenarnya tidak mengetahui apa makna dibalik aktifitas ini. Allah menyatakan di dalam Al Qur’an  bahwa

Menurut pengertian Wikipedia, tidur adalah keadaan istirahat alami pada berbagai binatang menyusui, burung, ikan, dan binatang tidak bertulang belakang seperti lalat buah Drosophila. Pada manusia dan banyak spesies lainnya, tidur penting untuk kesehatan. Bahkan menurut survei, sebagian besar manusia menghabiskan sepertiga dari waktu hidupnya dengan tidur. Namun bagaimanakah pengertian tidur ini dipandang dari sisi Agama dan mengapa pula Allah SWT melalui lisan Rosul-Nya saw memerintahkan agar kita berdoa sebelum tidur.

Berdasarkan ulasan yang disampaikan oleh KH. Athian Ali, ketua Forum Ulama Umat Indonesia bahwa manusia yang sedang tidur tak ubahnya seperti manusia yang telah wafat. Ruh dikeluarkan oleh malaikat dengan seizin Allah SWT dari jasad manusia tersebut dan dibawa ke suatu tempat di luar alam dhohir. Hal ini dibuktikan dengan keterangan ayat Al Qur’an surat Az Zumar ayat 42.

Dalam ayat tersebut diterangkan bahwa Allah SWT memegang jiwa orang-orang diwaktu tidurnya sebagaimana memegang jiwa-jiwa orang yang telah mati. Kemudian Dia melepaskan jiwa-jiwa orang yang tidur sampai waktu yang ditentukan (baca: sakarotul maut). Itulah rahasia mengapa kita bisa melihat ruh orang-orang dekat kita yang telah meninggal dunia dalam mimpi sewaktu kita tertidur. Karena pada hakikatnya malaikat telah membawa jasad kita untuk berwisata sebentar ke alam barzah menemui ruh orang-orang yang telah meninggal dengan izin Allah SWT.

KH. Athian Ali juga menyatakan bahwa jika penampakan ruh orang yang telah meninggal tersebut berbicara atau menasehatkan kebaikan kepada kita maka yakinilah penampakan tersebut adalah benar. Namun jika sebaliknya maka penampakan tersebut tak lain adalah Jin/Syaithan yang menyerupakan diri dengan ruh orang yang kita kenal untuk menyesatkan kita.

Adapun jika kita bermimpi melihat Rosulullah Muhammad saw maka yakinilah bahwa yang hadir dalam mimpi kita tersebut adalah ruh Rosulullah Muhammad saw.  Karena Rasulullah saw bersabda : “ …. barangsiapa bermimpikan aku dalam tidurnya sungguh ia telah melihat aku, maka sungguh syaitan tidak mampu menyerupai diriku, ….” (Shahih Bukhari).

Pengertian tidur ini juga diperkuat dengan hadits Nabi saw yang kita sama-sama tahu dan hafal lafadz haditsnya. Hadits tersebut adalah doa sebelum dan setelah bangun tidur.

Doa Sebelum tidur
Dengan menyebut nama-Mu, Ya Allah, aku hidup dan dengan menyebut Nama-Mu aku mati.” (HR. Muslim)

Doa setelah bangun tidur
Segala puji bagi Allah yang menghidupkan kami kembali setelah mematikan kami dan kepada-Nya (kami) akan dibangkitkan.”

Jelas sekali pada kedua hadits di atas bahwa tidur bukan hanya aktifitas jasadiyah semata. Akan tetapi tidur adalah aktifitas manusia yang melibatkan antara hidup dan mati. Itulah alasan mengapa Rosulullah Muhammad saw menganjurkan agar kita memperbanyak istighfar dan memohon ampun di waktu petang, karena kita tidak pernah tahu apakah setelah tidur, kita diberikan kesempatan lagi oleh Allah SWT untuk bangun di esok hari.

Mudah-mudahan dengan paparan ini dapat merubah paradigma kita selama ini tentang tidur. Tidur bukan hanya aktifitas jasadiyah semata, namun tidur juga merupakan aktifitas wisata ruhiyah ke alam yang tidak pernah kita kenal sebelumnya.

Apa jadinya jika tidur kita malam ini adalah tidur kita yang terakhir di dunia lantaran Allah SWT tidak melepaskan jiwa atau ruh kita untuk kembali menemui jasad kita ?

Wallahu a’lamu bishshowab

.:An Nurul Jundul Qolbi:.

15 Comments

  1. December 28, 2011 at 3:41 pm

    artikel ini benar-benar bermanfaat untuk saya, selama ini saya tidak mengetahui bahwa ketika tidur malaikat mengajak kita keberbagai tempat, dengan mimpi.
    terimakasih saya telah membaca ini.

  2. December 31, 2011 at 12:08 pm

    tidur itu setengah mati kita…. kata orang aceh.. bangun tidur itu. baru hidup…

  3. Hasti said,

    January 20, 2012 at 11:42 am

    wah, trimakasih banget atas penerangannya
    Subhanallah.. ada ga ya orang di zaman ini yg mimpi ketemu nabi Rasulullah saw.

    • dimas said,

      June 24, 2013 at 8:19 am

      Ada yang pernah mimpi bertemu nabi Putri sulung ustad yusuf mansyur Kalo ngax percaya lihat di youtube

  4. Hasti said,

    January 20, 2012 at 11:43 am

    wah, trimakasih banget atas penerangannya
    Subhanallah.. ada ga ya orang di zaman ini yg mimpi ketemu Rasulullah saw.

  5. mohamad said,

    August 31, 2012 at 9:07 pm

    mudah mudaan.malam ini kita semua bisa bermimpi ketemu junjungan kita baginda nabi mohamad saw amin amin amin yarobal alamin

  6. arifin said,

    December 17, 2012 at 1:58 am

    artikel yg menyadarkan diri. trims.

  7. May 20, 2013 at 11:02 am

    Artikel yang sangat berguna dengan referensi ayat2 Al-Quran dan hadist Sohih.

  8. khoiron81 said,

    May 20, 2013 at 11:08 am

    Link Referensi Al Qur’an Onlinenya udah nggak aktif lagi.

    (Usulan) Bisa pakai ini http://alquran.khoiron.com/

  9. doni said,

    July 12, 2013 at 2:47 pm

    Sangat menarik….

  10. Ebid Gaffar said,

    August 9, 2013 at 11:59 am

    Terimakasih banyak kepada yg terhormat penulis artikel ini karna penjelasannya sangat persis dengan guru saya / Assyekh adnan assyarmini dari damaskus suriya sewktu saya mengaji tafsir alquran di timur tengah Semoga Allah selalu menganugrahi kita dengn iman dan taqwa Amin

  11. kafi said,

    November 23, 2013 at 10:44 pm

    yes

  12. December 26, 2013 at 1:18 pm

    Subhanallah,,, nice article… begandang sungguh lari dari fitrah manusia

  13. mimpi hamil said,

    March 7, 2015 at 8:03 am

    For hottest information you have to pay a visit world-wide-web and on world-wide-web I found this website
    as a most excellent web site for hottest updates.

  14. Sefti salimov said,

    November 22, 2015 at 8:06 am

    Semoga ini bermanfaat bagi saya


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: